Rabu, 20 Mei 2015

Pakan Lele dari Kotoran Sapi

Lele Sangkuriang - Mahalnya harga pakan ikan (pelet), khususnya ikan lele membuat para peternak lele berpikir ulang berkali-kali untuk budidaya lele. Masalah pakan ini adalah masalah utama dalam beternak lele, karena bagaimanapun lele adalah makhluk hidup yang membutuhkan pakan. Oleh karena itu harus betul-betul pandai dalam management pakan lele. Jika 100% pakan beli dari toko pertanian yaitu pellet, maka profit yang diharapkan tentunya sangat sedikit, dikarenakan pengeluaran tertinggi ada di pembelian pakan.

Hal ini tidak lagi terjadi jika peternak dapat mencari pakan alternatif sendiri.



Banyak para peternak lele masih belum mengetahui akan hal ini, terutama pemula yang baru saja beternak lele, padahal masalah pakan ini dapat diakali dengan bantuan pakan alternatif.

Pakan alternatif sangatlah banyak, asal peternak mau berusaha mencari dan tidak jijik. Beberapa yang dapat dijadikan pakan alternatif ikan lele diantaranya :


  • Libah ikan di pasar
  • Jangkrik
  • Bekicot / keong
  • Kotoran Sapi
  • Nah,,, diantara beberapa point di atas, yang paling mudah untuk didapatkan adalah Kotoran Sapi (Tletong).


Cara Membuat Pakan Lele dari Kotoran Sapi (Tletong) :

Ambil limbah kotoran ternak kira-kira 10 kg
Masukkan 20 tutup botol biocatfish yang merupakan probiotik khusus lele ke limbah kotoran sapi
Tutup rapat dalam wadah kedap udara (untuk mempercepat proses penguraian, penyatuan semua zat/kandungan atau inilah yang disebut fermentasi)
Setelah minimal 24 jam beri lobang untuk udara masuk biarkan selama minimal 3 hari makin lama makin bagus (setelah 3 hari lebih akan keluar cacing)
Pakan sudah jadi dan siap diberikan ke Lele


Untuk mempercepat proses penguraian kotoran ternak, berikan juga ampas kelapa (kalo ada) air beras (kalo ada) air kelapa (kalo ada) kulit bua2an (kalo ada) .
Seperti yang dituturkan oleh Mas Yasin, Mahasiswa Teknik Elektro UNEJ yang juga beternak lele di rumahnya :

“aliran pembuangan air pada kolam lele saya sekarang malah ngga sengaja muncul banyak cacing sutra yang sy gunakan untuk pakan benih lele, weleh-weleh… ternyata harga cacing sutra segenggam kecil Rp.5ooo di toko pertanian plus parit pembuangan kolam saya juga tumbuh subur kangkung daunnya lebar banget kayak daun tanaman talas muda”.

Dari pengalaman tersebut ternyata air kolam lele yang diberi pakan kotoran sapi & Biocatfish dapat dijadikan pupuk tanaman. (Pakan Lele dari Kotoran Sapi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar