Selasa, 19 Mei 2015

Pakan alternatif lele

selalu menjadi pilihan bagi semua peternak lele, mengingat harga jual ditingkat peternak sangat murah sementara harga pakan olahan pabrik cukup mahal. Problem harga pakan yang mahal membuat inovasi dan pencarian terhadap teknik pembuatan pakan alternatif lele tetap terus dilakukan oleh para peternak.
Namun disayangkan banyak peternak yang gagal dan bahkan banyak yang gulung tikar dengan membuat pakan buatan sendiri, sementara yang bertahan kembali menggunakan pakan pabrik meskipun keuntungan tipis.
Dalam hal ini beberapa petunjuk umum dan pengalaman beberapa peternak yang sukses memberi saran agar berhasil dalam beternak lele dengan mengolah sendiri pakan alternatif lele.
  1. Peternak harus memahami kandungan nutrisi yang mengandung syarat-syarat minimum yang dibutuhkan lele seperti : kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar air, kadar serat, enzim amilase, enzim selulose, enzim protease dan lainnya.(baca artikel : mengenal kandungan nutrisi)
  2. Memanfaatkan ketersediaan bahan pakan yang ada disekitarnya.
  3. Memahami fungsi managemen kolam dan air seperti persiapan pra budidaya, sistem penyiponan (siponisasi) luas kolam, central drain, aerator, jenis kolam (tanah, terpal, kolam biofloks, fiber, jaring apung dan lain-lainnya. Memahami dan memperhatikan kualitas air seperti Ph air, oksigen, kekeruhan, salinitas dan air bebas dari limbah kimia.
  4. Pemilihan benih dari strain/galur yang unggul, cara transportasi, sistim tebar padat yang ideal, waktu pemberian pakan dan pemberian suplemen/vitamin
  5. Mengetahui cara mencegah dan mengatasi berbagai penyakit serta kondisi musim/cuaca saat memulai menebarkan benih (pra budidaya).
  6. Melakukan waktu penyortiran (grading) yang tepat.
  7. Mengetahui kualitas bahan-bahan dasar yang dibeli minimal mengetahui kandungan protein seperti tepung ikan, tepung darah, tepung daging (mengetahui kualitas bahan yang beredar dipasaran karena banyak yang diragukan kualitasnya. Hal yang terbaik adalah melakukan uji labor terlebih dahulu atau berlangganan dengan suplier yang dipercaya)
  8. Mengetahui bahan pakan yang bisa digunakan sebagai pakan alternatif lele dan jumlah maksimal yang diperbolehkan. Dan pemakaian dengan mesin pelet sederhana agar semua kandungan bahan-bahan menjadi menyatu (homogen) untuk meningkatkan daya cerna lele.
  9. Mengetahui jumlah pakan yang diberikan kepada si kumis setiap harinya. Point ini yang harus menjadi perhatian dengan seksama mengingat pemberian pakan yang berlebih sisa pakan yang tidak terserap dalam waktu 12 jam akan menjadi amoniak. Disini peran kegiatan penyortiran (grading) sangat menentukan untuk mengetahui jumlah akhir ikan dan bobot ikan.(baca artikel : Amonia, musuh besar peternak ikan)
  10. Membuat kalender budidaya sehingga penjadwalan panen bisa dilakukan bergulir dan rutin.
  11. Mempelajari pemasaran dan alangkah lebih baik jika membuat produk-produk olahan yang terbuat dari lele.
Untuk menghemat biaya pakan sebagian peternak melakukan kombinasi pemberian pakan dengan cara pagi hari diberi pakan pabrik, siang dan sore harinya diberi buatan hasil sendiri. Atau pagi dan siang hari diberi pakan alternatif lele, sore harinya menggunakan pakan pabrik.
Beberapa contoh bahan pakan yang bisa digunakan sebagai pakan alternatif lele dan jumlah maksimal yang diperbolehkan penggunaannya (agar diperoleh kombinasi yang ideal untuk memenuhi syarat kadar protein, kadar karbohidrat, kadar lemak, kadar serat dan  kadar abu)

  1. Bekatul                       20 %
  2. Tepung single cell   20 %
  3. Tepung pollard         20 %
  4. Tepung Azolla           40 %
  5. Ampas tahu              40 %
  6. Roti afkir                    30 %
  7. Ayam tiren                 50 %
  8. Dan lain-lainnya.

Jika anda masih bingung menentukan jumlah prosentasi kandungan nutrisi atau bahan yang tersedia disekitar wilayah anda terbatas, minimal anda harus mengetahui jumlah kandungan protein minimal 31% pada pakan alternatif lele yang anda buat.
Dibawah ini beberapa contoh adonan sederhana dan murah namun memenuhi syarat-syarat nutrisi pakan buatan sendiri dengan estimasi berat untuk 100 kg pakan.
Contoh bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara menghitung protein (sama dengan menghitung kandungan nutrisi lainnya)

  1. Tepung Ikan                   50 kg protein 50%            50/100 x 50 = 25    %
  2. Ampas tahu                   20 kg protein 17%            17/100 x 20 =    3,4 %
  3. Tepung jagung             10 kg protein    9%              9/100  x 10 =   0,9 %
  4. roti afkir                          20 kg proten 23%              23/100 x 20 =    4,6 %
Jumlah protein :                                                                                         =  33,9 %      
  1. Tepung Ikan                   60 kg protein 50%             50/100 x 60 = 30   %
  2. Ampas tahu                   20 kg protein 17%             17/100 x 20  =   3,4 %
  3. Tepung jagung             10 kg protein 9%                  9/100 x 20  =  0,9  %
  4. Bekatul                           10 kg protein 3%                  3/100 x 10  =  0,3  %
Jumlah protein :                                                                                         =  34,6 %
  1. Tepung Ikan                  20 kg protein 50%             50/100 x 30 =  10  %
  2. Ampas tahu                   30 kg protein 17%              17/100 x 20 =  5,1 %
  3. Single cell                      20 kg protein 55%              55/100 x 20 =  11  %
  4. roti afkir                           30 kg protein 24%              24/100 x 20 =   7,2 %
Jumlah protein                                                                                           =  33,4 %     
  1. Tepung Daging             30 kg protein 60%             50/100 x 30 =  18   %
  2. Ampas tahu                    30 kg protein       17%      17/100 x 20 =    5,1 %
  3. Azolla                               20 kg protein 23%             23/100x 20  =    4,6 %
  4. roti afkir                           20 kg protein 24%             24/100 x 20 =    4,8 %
Jumlah protein                                                                                           =  32,5 %
Dari komposisi diatas anda bisa tambahkan premix sebanyak 0,5 kg, probiotik 0,5 liter, minyak ikan 1 liter, tepung kunyit 0,25 kg (antibiotik herbal) untuk setiap 100 kg pakan yang dibuat. Biaya pakan buatan diatas tidak lebih dari Rp.6000/kg nya. Pada waktu pengolahan (Processing) pembuatan pakan alternatif lele juga bisa mengurangi kadar nutrisi dan prediksi jumlah bobot biomassa pakan.
Jika bentuk yang anda proses hanya bisa dibuat seperti bakso atau tidak seperti butiran dan tenggelam anda bisa buat wadah dari bambu yang bisa terapung dipermukaan kolam agar pakan tidak langsung tenggelam pada waktu pemberian pakan.
Solusi lain yang sekarang banyak dilakukan para peternak dengan memberikan belatung yang dibudidayakan sendiri atau banyak terdapat di peternakan ayam potong. Belatung memiliki kandungan diatas 60 %, pemberian belatung ikan lele akan menjadi sehat dan tahan terhadap penyakit. (baca artikel : Belatung)
Peternak yang yang tekun dan kreatif juga memberikan lalat. Kualitas Lalat sama baiknya dengan belatung. Lalat dijerat atau ditangkap dengan menggunakan racun lalat. Cara menangkap lalat bisa dibuat wadah dipermukaan kolam dan wadah dikuaskan racun lalat, biasanya lalat yang hinggap pada wadah dalam beberapa detik akan terbang dan jatuh kekolam dan langsung disambar oleh lalat atau dibuatkan ruangan khusus yang lantainya dioles cairan racun lalat, cara ini juga berfaedah mengurangi populasi lalat. (baca : lalat kenapa Tuhan menciptakannya)
Setelah mengetahui tata-cara pembuatan pakan alternatif lele buatan sendiri peternak tetap harus memperhatikan  penanganan diluar managemen pakan dan diharapkan budidaya lele tetap bisa dijadikan penghasilan keluarga yang menguntungkan.
Catatan I : Pada medio Oktober tahun 2014, kebutuhan lele konsumsi untuk wilayah Jabodetabek sendiri diperoleh data sekitar 70 ton hingga 90 ton perhari dengan harga ditingkat peternak fluktuatif dikisaran Rp.17.000 – Rp.19.000/kg, pada saat terjadi penurunan panen karena anomali cuaca ekstrim harga lele bisa mencapai Rp.19.000 – Rp.22.000/kg, permintaan tertinggi datang sektor informal para pedagang kaki lima pecel lele lamongan.
Catatan II : Saat ini kami menyediakan bahan pelet ikan, bahan pelet tersebut bisa langsung dicetak kemesin pencetak (pelleting) hingga tidak dibutuhkan mesin-mesin lainnya. Kandungan nutrisi bahan pelet seperti dibawah ini :
Protein : 37,19%
Lemak : 5,1%
Serat : 5,40 %
Air : 8,40 %
Bentuk : Bubuk
Harga : Rp.4500/kg (diluar ongkir)
BUSINESS INFO 
Untuk wil Bondowoso, LumajangBanyuwangi dan Jember. Dinampung panen Azolla, Ayam Joper dan Cacing lumbricus.  Azolla kami hargai Rp.1.000 perkg.  Harga Cacing  dan ayam Joper fluktuatif. Franco lokasi. Info lebih lanjut  hub kami utk konsultasi. free.
Info produk
Menyediakan bahan pelet apung Tepung ESA-01 Rp.3.800/kg (min order 1 ton, protein 15%) 
Dibuka tiap hari minggu, minggu ke-2, minggu ke-3 dan minggu ke-4, sepanjang tahun. Waktu  08.00 sd 14.00 Wib.  Materi budidaya ayam joper,  cacing,  azolla, mengenal enzim ayam. Lokasi patrang Jember,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar